Hambangun sejatining jiwo kasepuhan ---- "MOHON MA'AF LAHIR DAN BATIN"

Monday, November 14, 2011

Belajar meditasi sejati


Meditasi adalah sesuatu bagian latihan demi mempelajari ilmu kebatinan. Meditasi sebenarnya sangat banyak manfa’atnya... yang paling utama untuk ketenangan jiwa.

Di dalam meditasi kita memerlukan konsentrasi. Sedangkan konsentrasi menurut saya antara susah dan sederhana. Yang penting jika kita tlaten dan disiplin latihan maka kita akan menemukan konsentrasi total yang membawa ke meditasi sejati.

Lalu bagaimana cara memulai meditasi yang bagus?

Seperti yang saya sebutkan diatas, dalam hal ini konsentrasi sangat diperlukan untuk pencapaian meditasi sejati. Pastinya jika anda pernah melakukan meditasi , pikiran anda akan berkelana kesana kemari. Semakin dipaksakan untuk konsentrasi maka pikiran anda akan semakin liar...

Jika anda sampai sekarang masih belum bisa melakukan meditasi sejati, maka cobalah untuk memulai dengan santai .  Dengan sikap meditasi, cobalah untuk mencari suatu objek. Terserah anda apa yang anda yakini bisa menjadi objek. Perhatikan terus objek tersebut... jika pikiran anda masih berkelana maka biarkanlah. Biarkan pikiran anda liar kesana kemari. Jangan dipaksakan untuk berkonsentrasi. Nikmati saja... namun perhatian, usahakan tetap pada objek semula.

Lakukan rutinitas seperti diatas berulang ulang... yang penting anda mau disiplin dan menikmati latihan tersebut dengan ikhlas. Jangan terburu buru pastinya. Jangan mengharap hasilnya... namun nikmati latihannya. Maka suatu ketika akan tercipta sesuatu yang luar biasa dalam meditasi anda. Pemusatan pikiran akan mudah anda lakukan dengan waktu yang singkat.

Jika sudah demikian berarti anda sudah berhasil melatih meditasi anda. Dan kemudahan itu disebabkan oleh latihan  dan berfungsinya reflex pikiran anda dalam hal meditasi...  konsentrasi total sudah otomatis bisa anda lakukan secara spontan.

Konsentrasi dalam meditasi jika sudah pada tahapan ini, pikiran anda akan mengalami  kondisi alpha. Dan kondisi tersebut lambat laun memicu pembukaan cakra pada cakra mahkota.
Luar biasa... sesuatu kedamaian akan mudah anda dapatkan jika reflex konsentrasi total sudah aktif.

Salam BADAR JATI...

No comments:

Post a Comment

Salam sejati...

Followers

© Copyright 2012 | BADARJATI